Kamis, 01 Juli 2010

Identifikasi Isu-isu Strategis dan Kemungkinan Hambatan

Setelah ditetapkannya sistem dan zona sanitasi jangka panjang, yang memberikan gambaran infrastruktur sanitasi dan aspek-aspek terkait pada kurun waktu 15–25 tahun mendatang. Pada bagian itu, Pokja juga sudah menetapkan layanan sanitasi untuk jangka menengah dan pendek. Selanjutnya bagaimana Pokja mendeskripsikan layanan tersebut diberikan kepada masyarakat.

Gambaran yang diharapkan dalam 15–25 tahun mendatang jelas berbeda dengan kondisi aktual saat ini. Dalam usaha mengatasi kesenjangan tersebut, Pokja perlu mengidentifikasi isu-isu strategis dan kemungkinan hambatan yang akan dihadapi kota. Identifikasi ini akan menjadi dasar bagi perumusan strategi yang akan ditempuh, tindakan yang akan dilakukan, termasuk penyusunan program dan kegiatan jangka menengah.

Ada berbagai teknik yang biasa dipakai untuk mengidentifikasi isu-isu strategis dan hambatan. Salah satunya adalah melalui analisis SWOT, sebuah teknik analisis yang sudah lazim dipraktikkan. Analisis SWOT terkait identifikasi isu-isu strategis dan hambatan bisa mengambil banyak teknik/jalan. Tetapi dari beberapa praktik di kota-kota, kita bisa mencatat satu pendekatan yang bisa dianggap best practice, yang bisa dipelajari pada penjelasan langkah-langkah di bagian ini.

Berikut adalah beberapa contoh isu-isu strategis:

  • Pembangunan sistem sewerage dan IPAL. Dalam sebuah zona air limbah yang direncanakan akan dibangun sistem sewerage, diidentifikasi kemungkinan adanya hambatan ketersediaan lahan untuk pemasangan pipa air limbah. Misalnya, jarak antar rumah yang terlampau dekat menyebabkan tidak mungkin membuat galian (secara konvensional) untuk penanaman pipa air limbah tersebut. Berdasarkan identifikasi kemungkinan hambatan itu, maka perlu dicari cara lain guna mengatasi masalah sanitasi di daerah tersebut (misalnya: membuat subsistem tersendiri untuk kawasan tersebut, atau mencari opsi teknologi yang sesuai untuk kawasan itu.
  • Pelayanan sampah. Salah satu komponen dalam pelayanan sampah yang baik dari sisi kesehatan dan lingkungan adalah tersedianya Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) yang memadai. Bila dalam kurun waktu 15–25 tahun ke depan, TPA yang ada saat ini tidak dapat digunakan lagi karena kapasitas yang ada sekarang sudah terbatas, maka isu kebutuhan TPA perlu diangkat. Lalu, tindakan antisipasinya perlu dipastikan menjadi bagian dari program dan kegiatan jangka menengah.
  • Dan lainnya.

Proses ini dapat dilihat pada gambar berikut ini (klik gambar untuk memperbesar).


Sumber: Manual TTPS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar